Berita World Cup Evolusi Sepak Bola Libero Modern

Evolusi Sepak Bola Libero Modern

Evolusi Sepak Bola Libero Modern

Berita World Cup – Perubahan sepak bola yang cepat telah banyak membawa perubahan dan melahirkan berbagai penemuan. Salah satu perkembangan yang terjadi baru-baru ini adalah sebuah posisi yang dulu diperkenalkan oleh tim nasional Jerman Barat melalui Franz Beckenbauer yakni posisi Libero. Libero kini telah mengalami perkembangan menjadi: Libero Modern. Dua minggu lalu terjadi sebuah perdebatan di twitter tentang siapa yang lebih baik antara Steven Gerrard dengan Paul Scholes atau bahkan mungkin Frank Lampard. Itu adalah perdebatan tentang gelandang terbaik dari Inggris atau yang dilahirkan Liga Inggris. Sebuah diskusi panjang kemudian dilanjutkan di forum-forum sepak bola. Tidak hanya penggemar sepak bola dari Inggris tetapi juga penggemar sepak bola dari seluruh dunia.

Kemudian perdebatan melebar hingga sampai ke posisi belakang yakni para pemain belakang. Mereka boleh berdebat panjang tentang gelandang-gelandang. Tetapi, nampaknya mereka sepakat bahwa dua pemain belakang yakni Jamie Carragher dan Gerrard Neville merupakan pemain bertahan modern atau bahkan bisa disebut Libero Modern. Ada pernyataan yang menarik dari seorang peserta forum yakni: “Dua pemain ini adalah pemain belakang modern yang merupakan inspirasi para pemain bertahan sekarang. Carra dan Neville merupakan dua pemain yang terkenal akan penghargaan atas posisinya dan loyalitas atas sebuah klub. Mereka bisa bertahan dengan sangat apik dan menyapu bola-bola yang datang dengan sangat tenang juga mampu menyerang dengan kekuatan penuh serta kadang-kadang mencuri gol.” Begitu kata peserta tersebut yang bernama John Gosham yang notabenenya adalah seorang football pundit terkenal di Inggris.

Namun di Inggris, bek yang bisa bermain seperti itu sangat sedikit. Pola pikir negatif sepak bola Inggris yang mempromosikan ‘safety first‘ ketika bermain menyebabkan hal ini. Jadi seorang pemain belakang haruslah tetap di belakang dengan total. Dan meskipun satu dekade terakhir ini kita telah melihat pemain belakang berkelas dunia dalam diri Ferdinand dan Terry yang bisa baik bertahan dan lulus dalam menyerang baik. Sepak bola Inggris masih berjuang untuk mengembangkan bola para libero modern.

Anda lihat pendekatan Carragher dan mentalitasnya kaya dalam pragmatisme Inggris. Karirnya dibangun di atasnya dan dia tidak bisa serta merta mengabaikan apa yang telah membuatnya seperti seorang profesional serta dihargai mahal. Namun, yang meragukan dia untuk bermain adalah pelatihnya sendiri sehingga tidak mengherankan ia menggantung sepatu setelah satu tahun secara progresif tidak dimainkan oleh Brendan Rodgers. Sepak bola Inggris berubah dan sisi atas membutuhkan pemain yang bisa bermain di tingkat atas. Oleh karena itu pemain seperti Kompany, Nastatic, Ivanovic, Luiz, Vertonghen, Koscielny dan Agger merupakan pemain kunci untuk sisi yang ingin bermain dan mengembangkan permainan modern seperit ini. Mampukah kemudian Inggris juga melahirkan para pemain belakang yang bisa menjelma menjadi Libero Modern? Itu adalah PR yang harus diselesaikan FA. Berita World Cup