Bongkar Pasang Skuad Italia Pada Piala Dunia 2014

Bongkar Pasang Skuad Italia Pada Piala Dunia 2014

Bongkar Pasang Skuad Italia Pada Piala Dunia 2014

Italia adalah salah satu negara dengan jajaran pemain Tim Nasional paling kuat di ajang Piala Dunia. Mungkin saja kekuatan skuad ini masih jauh dari raksasa sepak bola Argentina, ataupun sang juara bertahan Spanyol maupun tim paling solid di sejarah Piala Dunia, Jerman. Namun merebut trofi juara hingga lima kali di ajang paling bergengsi sepak bola ini cukup untuk dinominasikan sebagai salah satu negara yang akan memenangi Piala Dunia di Brasil tahun depan. Masih dibawah asuhan Cesare Prandelli, timnas Italia mengakui telah menyusun strategi untuk dapat membawa pulang trofi Piala Dunia tahun ini. Dan inilah 4 faktor penting dalam materi pemain Italia untuk dapat dengan mudah menundukkan lawan-lawan tangguhnya di musim panas 2014 nanti.

1. Kiper

Di posisi penjaga mistar gawang nanti masih akan ditempati oleh kiper nomor satu dari Italia, Gianluigi Buffon. Kiper berjuluk portiere dari Juventus ini memang adalah salah satu jagoan utama Prandelli dalam mengamankan gawang Italia di Piala Dunia nanti.

2. Belakang

Hingga sekarang Prandelli belum mengumumkan dengan pasti formasi pemain yang akan ia gunakan di skuad Timnas Italia nantinya. Namun menilik dari pengalaman terdahulu, Prandelli ditengarai sangat menyukai skema pemain 3-5-2. Dengan formasi ini dapat dipastikan bahwa nama trio bek utama Juventus, Leonardo Bonucci – Giorgio Chiellini – Andrea Barzagli akan menjadi unggulan. Sebaliknya bila Prandelli memutuskan untuk sedikit bereksperimen dengan merubah formasi menjadi 4-3-3 atau malah 4-2-3-1, maka posisi di lini belakang adalah dua full back jagoan milik AC Milan yang akan merumput, Mattia De Sciglio dan Ignazio Abate. walau sebenarnya ini sangat riskan mengingat performa keduanya di klub tak begitu cemerlang.

3. Tengah

Di posisi tengah masih akan ada pemain papan atas Juventus, Andrea Pirlo yang menjadi salah satu penggerak permainan Italia. Kemampuan pemain ini memang sudah tak perlu diragukan lagi walau usianya kini tak lagi muda. Bisa jadi kehadiran Pirlo di skuad Italia dapat menjadi salah satu senjata paling mematikan. Pirlo akan didampingi  Daniele De Rossi pemain jangkar dari AS Roma, dan juga Juventus Claudio Marchisio yang dikenal sebagai pemain gelandang dengan tenaga kuda. Dapat dikatakan adanya dua pemain ini disisi Pirlo akan memudahkan pemain tersebut berperan sebagai play maker yang handal.

4. Depan

Di posisi penyerang, akan sulit melihat Italia tanpa kehadiran Mario Balotelli yang telah dikenal sebagai striker dengan kemampuan terbaik. Tapi adanya Balotelli tak selalu berarti baik untuk Azzurri. Mengapa begitu? Adanya Balotelli dapat mengulang kesuksesan Italia kala menggulung Jerman di babak semi final ajang Euro 2012 lalu. Tapi hati-hati, Balotelli masih adalah pemain dengan emosi yang seringkali tak dapat dikontrol. Tempramen tinggi Balotelli di lapang hijau sudah sering membawa AC Milan dalam masalah, dan ini tak akan memberi keuntungan untuk Italia. Walau begitu, bila Prandelli dapat “menjinakkan” Balotelli, striker ini adalah momok untuk para rival Italia.