Buffon dan Casillas

bufon dan casilas

Buffon dan Casillas

Jadwal World Cup – Kamis sore waktu Brazil atau Jumat pagi WIB, Italia dan Spanyol akan bertemu lagi, kali ini kedua negara akan bertanding diajang Piala Konfederasi di Fortaleza, Brazil. saat Gianluigi Buffon dan Iker Casillas bersalaman dan menyaksikan tos koin, akan ada suasana hangat antara kedua pemain. Padahal faktanya mereka berdua berasal dari “keluarga” yang bermusuhan.

Pertemuan besok akan menjadi pertemuan ke 11 antara Buffon dan Casillas yang telah bertemu empat kali di Liga Champions dalam pertandingan yang seru antara Juventus dan Real Madrid serta tujuh partai dalam balutan kostum Gli Azzuri dan La Furia Roja. Konsistensi yang luar biasa mereka tunjukkan dalam waktu yang lama, status sebagai pemenang Piala Dunia berarti keduanya termasuk dalam deretan kiper terbaik sepanjang sejarah. Meski keduanya sering mengaku bersahabat, namun partai besok pagi adalah pertarungan dua orang kiper terbaik di dunia.

Dua orang kiper yang nanti bertanding sudah mengawali karir dari umur yang sangat muda, Buffon yang berusia 17 tahun sudah kondang akan keberhasilannya mencetak clean sheet dalam pertandingan melawan Juara Italia, AC Milan di tahun 1995 dan mencetak debut sebagai kiper utama timnas dalam usia 19 tahun. Casillas juga tak kalah hebat, dia membuat debut tim senior Real Madrid pada umur 17 tahun dan menjadi juara Liga Champions pada umur 19 tahun. Kini keduanya berusia 35 dan 32 tahun, konsistensi yang ditunjukkan dalam waktu yang lama oleh kedua kiper patut diapresiasi. Buffon telah memiliki 131 caps bersama timnas Italia dan bisa melampaui rekor penampilan terbanyak yang dipegang mantan rekan setimnya, Fabio Cannavaro sebelum Piala Dunia Brazil berlangsung. Sedangkan Casillas adalah pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bagi timnas dengan caps mencapai 146. Keduanya merupakan trendsetter dimasanya dan juga telah merasakan posisi sebagai pemain regular yang berlaga di level internasional dalam waktu yang lama. Kita lihat seorang Petr Cech dapat menjadi kiper yang begitu stabil dan mencuat di usia muda karena merasa terinspirasi dari Buffon dan Casillas. “Oliver Kahn, Peter Schmeichel dan Edwin van der Sar menginspirasi di awal perjalanan karir saya,” kata Chech pada situs resmi UEFA musim lalu.

“Kemudian Buffon muncul dan mengubah segalanya. Lalu datanglah Casillas yang sangat menarik – dia bermain bagi Real Madrid, salah satu klub yang terbaik dalam sejarah, dan bermain di umur 17 atau 18. Jadi saya berkata pada diri sendiri : “Oke, bila dia dapat bermain bagi klub besar di waktu yang lama, berarti umur bukanlah masalah, itulah faktor hingga aku bisa menjadi seperti sekarang ini.” Bukan hanya Cech  yang terinspirasi Buffon, bahkan seorang Casillas juga terinspirasi oleh Buffon – yang hanya tiga tahun lebih tua dan dapat mengukuhkan diri sebagai salah satu yang terbaik di dunia dengan umur masih muda. “Buffon selalu saya kagumi dan dia selalu mendapatkan respek yang besar dari saya,” ujar Cassilas pada Onda Madrid setelah mereka bertemu di final Euro 2012. “Dia adalah kiper yang terbaik dan sampai sekarang termasuk sebagai yang terbaik. Bagi kiper yang berusia lebih muda darinya, saya selalu menjadikan dia teladan, dia memberi kami harapan dan kami semua ingin menjadi sepertinya. Saya dan Buffon punya hubungan baik dan setiap bertemu dengannya saya merasa senang.” Buffon dan Casillas adalah lambang rivalitas antara Spanyol dan Italia yang ketat namun hangat.