Dokter Timnas U19 Bagi Rahasianya Menjaga Kebugaran Pemain

Dokter Timnas U19 Bagi Rahasianya Menjaga Kebugaran Pemain

Dokter Timnas U19 Bagi Rahasianya Menjaga Kebugaran Pemain

Dokter Timnas U19 Bagi Rahasianya Menjaga Kebugaran Pemain – Timnas U-19 baru saja selesai melakoni Tur Nusantara beberapa waktu lalu dengan menghadapi banyak klub dalam tempo waktu yang berdekatan. Tapi dalam setiap laga para pemain timnas mampu bermain Spartan dan mendominasi permainan tanpa terlihat kelelahan. Kondisi fisik para pemain timnas U-19 memang patut mendapat pujian.Primanya kondisi fisik mereka merupakan salah satu kerja keras yang dilakukan oleh dokter timnas U-19 yakni Alfan Nur Asyar. Saat ditemui di Yogyakarta di tengah proses pemusatan latihan tim nasional U-19 yang sedang bersiap untuk berangkat ke Timur Tengah, Alfan Nur dengan terbuka membagi kepada media trik yang dilakukannya untuk membuat kondisi fisik para pemain Garuda Jaya ini tetap prima.

Dokter Timnas U19 Bagi Rahasianya Menjaga Kebugaran Pemain – Alfan Nur menyebut jika kunci utama keberhasilan dirinya membuat fisik para pemain tetap bugar adalah dari para pemain sendiri dalam artian para pemain harus disiplin dan tertib dalam menjalankan segala aturan dan program yang sudah disiapkan oleh tim pelatih dan dokter tim. Hal lain yang ikut membantu adalah asupan gizi para pemain yang sangat diperhatikan dan teknik proses pemulihan yang cukup bagus yang dimiliki oleh skuad timnas U-19. Alfan Nur lebih rinci menjelaskan jika seluruh pemain memahami jika mereka memang harus mengikuti semua aturan termasuk tidur selalu tepat waktu dan melakukan krioterapy yakni berendam di air berisi es dan air panas yang sudah menjadi kebutuhan mereka sebagai pemain sepakbola.

Dokter Timnas U19 Bagi Rahasianya Menjaga Kebugaran Pemain – Sebenarnya tim pelatih selalu memberikan waktu kosong selama satu atau dua jam kepada seluruh pemain untuk mengisinya dengan kegiatan bebas tapi kebanyakan pemain lebih memilih untuk tetap di dalam kamar dan beristirahat. Waktu senggang yang disediakan oleh jajaran pelatih adalah diantara pukul 19.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB saat mereka sudah harus tidur. Dalam rentang waktu tersebut ada satu jam waktu senggang. Biasanya para pemain memanfaatkan waktu tersebut untuk pergi membeli barang-barang keperluan pribadi tapi barang-barang yang dibeli oleh para pemain ini masih harus lebih dulu di cek oleh tim pelatih untuk menghindari para pemain membeli dan mengkonsumsi barang-barang yang dilarang.

Dokter Timnas U19 Bagi Rahasianya Menjaga Kebugaran Pemain – Terkait urusan gizi pemain, tim dokter tim nasional U-19 sudah mempunyai resep jenis makanan yang harus dipersiapkan oleh pihak hotel lokasi pelatnas. Yang pasti untuk resep makanan, jenis makanan yang dilarang keras dikonsumsi oleh para pemain adalah jenis makanan yang digoreng, mengandung santan dan juga sambal. Untuk air es sendiri Alfan Nur menyebut tidak terlalu mempermasalahkannya dan memperbolehkan para pemain meminum air es tapi dengan syarat. Syarat tersebut adalah para pemain boleh meminum air es yang diisi es batu yang berasal dari air yang sudah dimasak.