Eusebio Adalah Yang Terbesar Dalam Sejarah

Eusebio Adalah Yang Terbesar Dalam Sejarah

Eusebio Adalah Yang Terbesar Dalam Sejarah

Jose Mourinho telah melabeli legenda Eusebio sebagai “Yang Paling Hebat dalam Sejarah Sepakbola” Setelah legenda tersebut meninggalkan dunia selamanya pada hari Minggu, 5 Januari 2014, karena memang sudah tua dan kanker kardiak yang dia derita. Manajer Chelsea tersebut memuji setinggi langit pendahulunya di Portugal itu. Mourinho mengatakan bahwa Eusebio adalah peletak dasar sepak bola Portugal. Jika bukan karena Eusebio maka sepak bola Portugal tidak akan berkembang seperti sekarang. Sepak bola Portugal mengalami perkembangan yang sangat signifikan akibat kemampuan Eusebio dan telah mengantarkan Portugal menjadi Juara Ketiga Piala Dunia 1966. Akibat hal tersebut banyak anak muda Portugal terinspirasi dengan itu.

Eusebio dijuluki “Panther Hitam” pada saat masa dia masih bermain. Dia adalah salah satu ikon pemain Benfica sepanjang masa. Karena juga Eusebio mampu mencetak 319 gol dalam 313 penampilannya di Liga Portugal bersama klub Des Aguias tersebut. Eusebio bermain dalam rentang waktu selama 15 tahun. Dari tahun 1960 sampai 1975. Eusebio sendiri sebenarnya bukan orang asli Portugal. Dia lahir di Mozambique dan kemudian dibawa ke Portugal oleh pelatih Benfica kala itu yang melihat talenta berbakat Eusebio secara langsung. Kemudian, Eusebio juga mampu mencetak 41 gol dalam 64 caps penampilan bersama Portugal. Rekor yang bertahan sampai tiga dekade sebelum akhirnya Cristiano Ronaldo memecahkan rekor tersebut pada tahun 2012.

“Dia adalah salah satu orang yang sangat kuat dalam sepak bola. Dia adalah yang terhebat. Untuk negara kami, Portugal, Eusebio adalah dewa sepak bola. Dialah yang menginspirasi banyak orang untuk bermain sepak bola dan bergelut di dalamnya. Termasuk saya. Eusebio telah menjadi referensi penting karena memang dia adalah salah satu referensi penampilan untuk sepak bola Portugal. Bahkan saya mengkoleksi video pertandingan yang dia mainkan dan pada saat saya di Porto saya memperlihatkan beberapa permainannya kepada para pemain Porto agar mampu seperti dia.” Ucap Mourinho usai Chelsea meraih kemenangan 2-0 di ajang Piala FA melawan Derby County.

Presiden Asosiasi Sepak bola Eropa alias UEFA yakni Michel Platini juga mengungkapkan bahwa Eusebio akan mengabadi dan kematiannya telah meninggalkan sebuah kehilangan besar baik di sepak bola Eropa maupun sepak bola Dunia. Platini kemudian menyebut bahwa Eusebio adalah duta terbaik sepak bola sejati. “Hari ini sepak bola telah kehilangan seorang sosok yang sangat menginspirasi. Eusebio. Namun dia akan tetap abadi. Kematiannya adalah sebuah kehilangan besar bagi sepak bola Eropa bahkan dunia. Di lapangan dia adalah duta sejati. Dia mengantarkan bola kepada para penyerang atau mengantarkan bola ke gawang lawan sehingga mampu membuat menang timnya. Di luar lapangan dia memberikan contoh positif bagi para pemain muda.” Tulis Platini di situs resmi UEFA.