Jadwal World Cup Jelang Lawan China, Jacksen Benahi Fisik

Jelang Lawan China, Jacksen Benahi Fisik

Jelang Lawan China, Jacksen Benahi Fisik

Jadwal World Cup – Jacksen F Tiago terus memberikan latihan fisik kepada para pemain tim nasional Indonesia senior yang saat ini sedang melakukan pelatnas di Jakarta. Latihan fisik ini diberikan kepada pemain agar mereka bisa siap secara sempurna saat menghadapi Cina. Porsi latihan fisik yang diberikan bahkan terasa sangat berat bagi beberapa pemain. Pelatnas timnas Indonesia senior ini sudah berjalan sejak tanggal 3 November silam. Ada dua sesi latihan setiap hari dengan durasi dua jam untuk setiap sesi. Setelah fokus pada peningkatan kondisi fisik, Jacksen kemudian menambah sesi latihan takik dan tekhnik. Materi pelatihan meliputi sesi latihan ball possession, marking position dan transisi permainan.

Jacksen mengakui jika porsi yang diberikan kepada para pemain tergolong cukup berat. Beberapa pemain bahkan mengeluhkan porsi latihan ini. Jancksen bahkan mengaku semapt merasa tidak tega demi melihat kondisi para pemain timnas yang kelelahan. Banyak pemain timnas yang mengeluhkan beratnya sesi latihan karena banyak yang tidak terbiasa dengan intensitas latihan yang sangat tinggi seperti yang diberikan oleh Jacksen. Tapi Jacksen mengaku jika porsi latihan berat yang diberikan olehnya demi meraih hasil maksimal saat melawan Cina. Jacksen memang mempunyai program supaya kondisi para pemain bisa lebih baik dibandingkan saat pertama kali datang ke pelatnas.

Selain fisik dan tekhnik, Jacksen juga tidak lupa mengurusi kondisi mental para pemain. Kepada para pemain, Jacksen mengatakan jika setelah menelan kekalahan di tiga laga awal timnas menghadapi Arab Saudi, Irak dan Belanda, ada peningkatan yang cukup bagus saat Indonesia menghadapi Filipina, Cina dan terakhir menjamu Kyrgizstan. Permainan timnas Indonesia menurut Jacksen sudah membaik bahkan bisa mengalahkan Kyrgizstan di laga uji coba terakhir dengan skor 4-0. Ini membuat posisi Indonesia membaik di peringkat FIFA.

Jacksen menyebut jika prestasi itu berkat usaha dan kerja keras para pemain. Jacksen sendiri pada awalnya tidak menyangka jika para pemain bisa tampil bagus saat melawan Kyrgizstan tapi ternyata para pemain mampu menjawab keraguan pelatih berusia 45 tahun tersebut. Kemenangan atas Kyrgizstan menjadi modal yang bagus sebelum menghadapi Cina.  Jacksen juga mengatakan jika dia tidak butuh pemain dengan nama besar di skuadnya. Jacksen mengaku dia lebih ingin memiliki pemain yang bisa bermain dengan hati dan mau bekerja keras di atas lapangan karena kerja keras bisa membawa perubahan bagi tim. Jacksen juga memberi pesan kepada para pemain timnas agar bisa menunjukkan usaha keras meraih cit-cita. Walaupun kans lolos dari fase grup sedikit tipis, Jacksen tidak lelah berhenti menguatkan mental para punggawa timnas untuk meraih kesempatan setipis apapun. Jadwal World Cup