Jadwal World Cup Striker Partnership Evolusi Sepak Bola Baru

Jadwal World Cup Striker Partnership Evolusi Sepak Bola Baru

Jadwal World Cup Striker Partnership Evolusi Sepak Bola Baru

Jadwal World Cup Striker Partnership Evolusi Sepak Bola Baru – Sebuah pertanyaan dimunculkan oleh beberapa orang untuk berdiskusi tentang mengapa kini para pelatih sepertinya hampir semuanya menerapkan yang namanya strike partnership. Mungkin, kita bisa menyebutnya evolusi perubahan taktik dalam sepak bola yang sangat terbaru. Kita bisa melihat dengan jelas di pertandingan liga-liga Eropa maupun di pertandingan internasional antar negara bagaimana kerja sama duet striker lebih banyak berperan saat ini dibandingkan kerja sama antara penyerang dengan gelandang. Satu sisi hal ini menunjukkan bahwa sang penyerang juga bisa membuat umpan bagi rekan lainnya bukan sebatas pada target man belaka melainkan juga pada pengumpan kepada rekan lainnya. Ini adalah kemajuan taktik sebenarnya.

Hal ini terlihat lebih jelas lagi di Liga Premier Inggris. Bahkan terlihat jelas perbedaan di sana. Kalau boleh dibilang ini adalah pembagian antara Utara-Selatan, tentu saja ini bukan tentang faktor ekonomi dan sosial ataupun tentang politik, tetapi ini merujuk pada sepak bola dan penyerang tengah. Jauh di selatan bawah yang di London ada tiga besar klub yang kemudian menerapkan seorang penyerang tunggal murni di depan yakni Chelsea yang menempatkan Torres/ Eto’o, Spurs dengan Soldadonya serta Arsenal yang terus mempercayai Oliver Giroud sebagai target man sejati mereka dalam formasi inti reguler ketiga klub tersebut.

Di Utara ada Duo Manchester dan Liverpool yang memainkan pola tidak biasa yakni menempatkan duet penyerang yang keduanya bertipe sama secara berpasangan. Liverpool menempatkan duet maut SAS alias Suarez dan Sturridge, sementara Manchester Merah mempercayakan lini depannya ke pada pasangan Rooney dan Van Persie, lalu Manchester Biru berharap para ketajaman Aguero dan Negredoa. Semua pasangan ini telah mengesankan banyak orang dengan kombinasi serangan individu yang mencengangkan serta finishing yang hampir pasti selesai. Ini membawa kita kembali kepada kembalinya classic strike partnership tetapi dengan pola yang lebih modern dan evolusioner. Sebuah pola penyerangan yang sebenarnya sudah dipakai sejak lama namun kembali bangkit pada tahun 2013 ini.

The classic strike partnership sudah menunjukkan konsistensinya sebagai penyumbang warna dalam sejarah sepak bola selama beberapa dekade terakhir. Khususnya di Inggris, duet penyerang terbaik yang pernah ada kita bisa melihatnya pada duet legendaris Liverpool dan timnas Inggris yakni Kenny Daglish dan Ian Rush. Walaupun keduanya pada akhirnya gagal mempersembahkan sebuah gelar juara Piala Dunia untuk Inggris namun kontibusi mereka dalam membuat Liverpool menjadi legenda tak dapat dielakkan lagi. Kemudian pada pertengahan dekade 90-an duet SAS pertama adalah Shearer dan Sutton di Blackburn ataupun Shearer dan Sheringham di tim nasional Inggris. Kombinasi Shearer dan Sutton bisa membuat Blackburn juara liga Inggris. Sedangkan, duet Shearer dan Sheringham gagal mempersembahkan gelar juara Eropa untuk Inggris di tanah sendiri. Artinya apa? Strike partnership memang bisa membawa kejayaan bagi sebuah tim. Jadwal World Cup Striker Partnership Evolusi Sepak Bola Baru