Jadwal World Cup Valcke Harap Perubahan Tender Piala Dunia

Jerome Valcke

Valcke Harapkan Perubahan Tender Piala Dunia

Jadwal World Cup – Sekretaris umum FIFA Jerome Valcke mengumumkan suatu gagasan baru mengenai kemungkinan perubahan dalam proses tender Piala Dunia. Hal ini dilakukan setelah serangkaian tantangan dalam sebuah penyelenggaraan turnamen yang berlangsung tahun depan di Brasil. Valcke mengutarakan bahwa penyelenggaraan Piala Dunia 2014 terbukti lebih sulit diselenggarakan dari pada negara-negara penyelenggara Piala Dunia sebelumnya.

Jerome Valcke mengatakan kepada wartawan saat mengadakan pertemuan di Rio de Janeiro pada pertengahan pekan ini, ia ingin menunggu persetujuan politik tingkat tinggi yang diperlukan sebagai bagian dari paket penawaran bagi negara-negara yang ingin menjadi pihak penyelenggara di masa mendatang. “Saya pikir ini merupakan gagasan yang sangat baik, karena hal itu akan memberikan dukungan yang datang dari pemerintah dibandingkan hanya penawaran yang disampaikan oleh asosiasi anggota dengan jaminan pemerintah,” ujar Valcke. Seraya menambahkan tindakan demikian akan memberikan tawaran keabsahan lebih di mata publik. Persiapan Piala Dunia di Brasil mendapatkan sorotan selama terjadi gelombang massa yang memicu aksi protes nasional pada Juni lalu, selama ajang Piala Konfederasi , yang merupakan kompetisi pemanasan jelang Piala Dunia tahun depan, dengan banyak pendemo yang mengeluhkan anggaran negara dihabiskan hanya untuk membangun stadion, namun infrastruktur pendidikan dan kesehatan justru meradang.

Valcke mengatakan bahwa seharusnya perhelatan itu justru memberikan jaminan kenyamanan bagi penduduk yang turut mendukung kesuksesan di balik acara tersebut dan mengacu pada referendum baru-baru ini di Swiss, yang mengamati sebuah negara menghentikan penawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2022 setelah hal tersebut ditolak oleh pemilih suara yang berada dalam satu propinsi. Meski demikian Valcke menegaskan gagasan ini merupakan murni dari pemikirannya dan belum ia sampaikan kepada komite eksekutif FIFA, namun menambahkan ia bermaksud untuk mengatakan gagasan tersebut kepada presiden FIFA, Sepp Blatter.

Mencari persetujuan terlebih dahulu dari badan legislatif tertinggi negara, bisa mencegah masalah seperti yang terjadi di Brasil saat ini. Organisasi di Brasil berulang kali berbeda pendapat dengan para pejabat tinggi sehingga menunda pembangunan stadion dan masalah pelik lainnya yang belum teratasi. Komplikasi terakhir termasuk banding terbaru dari jaksa penuntut umum federal yang, jika diberikan, akan membuat FIFA dibebaskan dari pajak khusus dan keuntungan lain yang diberikan kepadanya berdasarkan hukum Piala Dunia yang kontroversial, yang telah disetujui dewan kongres Brasil tahun lalu. Valcke mengatakan bahwa seperti itu di menit-menit akhir melakukan manuver adalah bukan “demikian cara kerjanya.”

“Sebelum Brasil memiliki organisasi untuk menjadi pihak penyelenggara Piala Dunia, pada 2007, (itu) menandatangani dokumen-dokumen dengan mengatakan mereka akan memberikan FIFA dengan ketentuan berikut ini,” katanya. “Anda meminta sesuatu, seseorang tersebut menerima untuk memberikannya kepada anda dalam bentuk pertukaran dengan mendapatkan organisasi Piala Dunia. “Anda bernegosiasi, anda fleksibel, anda menerima sejumlah pertanyaan dan jawaban dan kemudian tiba-tiba seseorang mengatakan, Tidak, tidak, tidak, bahkan akhirnya untuk hal ini terlalu banyak ‘waktu setahun sebelum Piala Dunia.”

Masih banyak hal yang nampaknya sedikit rumit untuk menjadi pihak penyelenggara yang bertentangan dengan sejumlah kebijakan di suatu negara dan bukan tidak mungkin FIFA akan mendapat ‘musuh’ selama perhelatan Piala Dunia 2014 mendatang di Brasil, karena banyaknya kritikan yang diarahkan kepada badan sepakbola tertinggi di dunia tersebut. Jadwal World Cup