Liverpool Meraih Kemenangan Awal Tahun di Anfield

Liverpool Meraih Kemenangan Awal Tahun di Anfield

Liverpool Meraih Kemenangan Awal Tahun di Anfield

Klub yang saat ini dilatih oleh manajer Brendan Rodgers Liverpool mengawali tahun 2014 dengan meraih angka penuh yakni tiga angka dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris. Liverpool berhasil meraih kemenangan dua gol tanpa balas alias 2-0 atas lawannya Hull City lewat gol yang dicetak Daniel Agger dan Luis Suarez yang merupakan bomber maut. Di Anfield, Rabu (1/1/2014) malam, Liverpool membuka keunggulan sembilan menit sebelum turun minum melalui gol dari Daniel Agger yang berposisi sebagai bek. Lima menit memasuki babak kedua, keunggulan The Reds digandakan oleh Luis Suarez melalui tendangan bebas. Dengan hasil tersebut maka Liverpool berhasil membuka tahun 2014 dengan kemenangan yang sekaligus juga mengakhiri rangkaian dua kekalahan di Premier League secara berturut-turut.

Dua kekalahan itu diterima setelah di akhir 2013 lalu kalah dalam menjalani pertandingan tandangnya ke markas Manchester City dan Chelsea. Ini juga menjadi aksi balas dendam Liverpool setelah pada pertemuan pertama pada bulan Desember lalu kalah 1-3 ketika bertandang ke markas lawan. Tiga angka di laga pertama tahun 2014 itu membawa Liverpool naik satu peringkat ke posisi empat klasemen Premier League dengan 39 poin. Liverpool berhasil menggeser Everton dengan 38 poin. Sementara Hull yang menyudahi tahun 2013 dengan kemenangan 6-0 atas Fulham saat ini ada di posisi 10 klasemen sementara dengan poin 23.

Pada pertandingan ini Hull mendapat celah di menit 14 melalui aksi Jake Livermore. Bola lalu berpindah ke Yannick Sagbo yang tidak bisa menendang bola dengan tepat sehingga dapat diamankan Simon Mignolet. Peluang Hull ini sendiri terbilang kontroversial karena didapat setelah Tom Huddlestone tampak sudah melanggar Luis Suarez terlebih dahulu. Lima menit berselang bola kiriman Philippe Coutinho berhasil disundul Suarez ke dalam gawang. Tetapi gol dianulir karena hakim garis menilai sudah terjadi offside sebelum Suarez menerima bola. Suarez dilanggar di menit 21 sehingga membuat Liverpool mendapatkan tendangan bebas dari posisi yang cukup bagus. Coutinho mengambil tendangan bebas itu dan kemudian mengirim bola ke gawang Hull walau masih tepat ke kiper.

Semenit setelah itu giringan bola Suarez di luar kotak penalti Hull terhenti oleh sebuah tekel. Bola liar dikuasai Coutinho yang langsung melepaskan tembakan yang kali ini tidak mengarah ke sasaran. Liverpool masih terus menekan. Kiper McGregor pun mesti melakukan penyelamatan dari tembakan Raheem Sterling yang berlari bebas di sisi kiri usai menerima operan. Kebuntuan akhirnya pecah di menit 36. Dari sepak pojok bola dilayangkan Coutinho ke depan gawang untuk kemudian disambut Daniel Agger dengan tandukan. Gol sempat coba diklaim juga oleh Jordan Henderson walaupun Agger akhirnya tercatat sebagai pencetak gol. Sebuah serangan cepat dengan operan-operan cepat dibangun Liverpool di menit 42. Namun kedudukan belum berubah karena penyelesaian akhir Henderson cuma membuat bola melaju tipis di sisi gawang.

Sebuah peluang emas lain untuk Liverpool terbuang di menit perpanjangan waktu. Operan Henderson dapat dijangkau Coutinho dengan bagus tetapi penyelesaian akhirnya belum berhasil. Di menit 49 Suarez dilanggar lagi. Ia mengambil sendiri tendangan bebas dan kemudian dengan mulus mengirim si kulit bundar ke dalam gawang. Hull masih kesulitan untuk memberi respons terhadap serangan Suarez dkk. Sebuah tendangan Curtis Davies di menit 66 pun masih jauh dari sasaran. Liverpool sebaliknya relatif terus menguasai permainan walaupun belum bisa menambah gol. Sebuah tendangan Coutinho dari luar kotak penalti di menit 70 hanya melambung tipis di atas mistar. Tembakan tepat sasaran Coutinho dua menit kemudian pun masih dikandaskan oleh kiper. McGregor lagi-lagi mengandaskan peluang Coutinho untuk membuat gol ketiga Liverpool di menit perpanjangan. Skor akhir 2-0 untuk kemenangan The Reds.