Memori Sepak Bola 28 Desember 1993

Memori Sepak Bola 28 Desember 1993

Memori Sepak Bola 28 Desember 1993

Tanggal 28 Desember 1993 atau tepat sekitar 20 tahun lalu, sosok Franz Beckenbauer atau biasa disebut Der Kaizer akhirnya diumumkan menjabat sebagai pelatih baru dari Bayern Munich guna menggantikan peran dari Erich Ribbeck. Pada periode awal tahun 90-an, memang bukanlah periode yang menyenangkan dan juga stabil bagi pasukan Die Bayern baik di kompetisi domestic dan juga Eropa. Pelatih sebelum Ribbeck Jupp Heynckes sendiri mampu mempersembahkan 2 gelar juara Bundesliga Jerman dan juga 2 gelar trofi Piala Super Jerman. Namun Heynckes harus rela dipecat dari jabatan pelatin Bayern pada bulan Oktober tahun 1991 akibat perselisihan dirinya dengan pihak manajemen Bayern Munchen sendiri. Pengganti Heynckes, Soren Lerby sendiri hanya sanggpu bertahan sekitar 5 bulan setelah meraih hasil yang cukup buruk.

Erich Ribbeck yang dipercaya untuk menangani Bayern, membawa skuad Die Roten tersebut mengakhiri musim tahun 1992/93 dengan berada di posisi 2 dengan hanya berselisih 1 poin dari Werder Bremen yang menjadi jawara Deustchermeister musim tersebut. Ternyata masalah juga dialami oleh Erich Ribbeck ketika menjelang pergantian tahun tahun 1993. Di 20 laga sebelum Bundesliga memasuki periode libur musim dingin, Bayern Munchen hanya sanggup memetik 8 kemenangan dan juga 4 kali kalah. Ribbeck hanya berhasil meraih 1 kemenangan selama 6 laga terakhir yang dilakukan oleh skuad dari Bavaria tersebut. Evaluasi langsung dilakukan oleh manajemen Bayern Munchen, Ribbeck akhirnya resmi ditendang dan dipecat dari skuad Munchen memutuskan untuk memanggil Beckenbauer yang baru saja mundur dari tim nasional Jerman tersebut.

Beceknebauer saat itu belum melatih manapun setelah ia absen selama 3 tahun hiatus setelah menangani Olympique Marseille selama 4 bulan di akhir tahun 1990. Sebelum menjadi pelatih dari Marseille, Beckenbauer sendiri menutup perjalanan dan kiprahnya menjabat pelatih tim nasional Jerman Barat dengan merebut gelar juara Piala Dunia 1990. Penunjukan sang kaisar ini tentu saja sekaligus membuat kepulangan Beckenbauer kembali ke kandang Bayern Munchen. Sebelumnya Beckenbauer pernah bermain untuk Bayern Mucnhen pada musim 1963 hingga 1977. Dan Der Kaizer mampu memberikan beberapa gelar dan juga memiliki kisah yang menarik. Ketika membela Bayern Munchen sebagai pemain, Beckenbauer mampu meraih 3 gelar juara Piala Champions dan juga 4 gelar Bundesliga serta 4 gelar Piala Jerman dan juga 1 trofi Piala Winner hingga 1 trofi Piala Interkontinental.

Keputusan manajemen Munchen membuahkan hasil gemilang. Beckenbauer akhirnya mampu mengembalikan kepercayaan diri dan juga mental Raimond Aumann dan kawan-kawan. Bayern Munchen sukses menutup musim tahun 1993/94 dengan meraih gelar juara. Beckenbauer sendiri akhirnya mengundurkan diri dari posisi pelatih dan akhirnya diangkat menjadi presiden kehormatan Bayern Munchen.