Pembangunan Stadion Piala Dunia 2014 Terhenti

Pembangunan Stadion Piala Dunia 2014 Terhenti

Pembangunan Stadion Piala Dunia 2014 Terhenti

Rencana pembangunan salah satu stadion untuk menggelar laga pembukaan Piala Dunia 2014 mengalami penundaan. Akibat ada salah seorang pekerja yang meninggal dunia di Manaus, salah satu lokasi yang akan digunakan untuk laga pembukaan Inggris melawan Italia. Jaksa memberitahukan kondisi yang terjadi kepada hakim, mengenai apa yang terjadi di Arena Amazonia, yang terletak di kota Manaus, dikabarkan sangat berbahaya dan banyak permasalahan yang terjadi sehingga banyak persoalan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Kantor kejaksaan di negara bagian utara Brasil Amazonia telah menyerahkan keterangan mengenai kejadian tersebut sebanyak 13 halaman dan meminta proyek itu untuk dihentikan sementara, setelah seorang pekerja berusia 22 tahu, Marcleudo de Melo Ferreira jatuh dari ketinggian 35 meter ketika kabel pengaman yang menjaga tubuhnya putus saat ia sedang mengerjakan pada struktur atap.

Dia meninggal karena sejumlah luka yang dialaminya ketika dibawa ke rumah sakit. Sementara itu Andrade Gutierrez, selaku perusahaan pengawas kontruksi, memberhentikan sejenak proses pekerjaan itu, untuk menghormati keluarga korban dan situasi berduka yang baru saja dialami oleh negara penghasil pesepakbola terbesar di dunia. Berdasarkan laporan pihak kantor kejaksaan di wilayah itu mengungkapkan keterangan itu dengan cukup tajam, dengan mengatakan telah terjadi pelanggaran terhadap keselamatan dan perlindungan pekerja pada umumnya di dalam proses pembangunan tersebut, dan hal ini tentu saja mengundang permasalahan serius yang menyangkut keselamatan seorang karyawan yang bekerja di pusat ketinggian. Apabila hal ini benar-benar menjadi kenyataan bahwa ada proses yang diabaikan untuk menunjang keselamatan para pekerja, maka hal ini seperti menjadi cambuk di wajah bagi Brasil yang memang mengundang sejumlah tekanan dari publik dalam beberapa dekade terakhir sejak ditunjuk menjadi pihak penyelenggara Piala Dunia 2014.

Hal ini tentu saja membuat seruan kepada semua pihak untuk tidak mengabaikan tindakan yang diperlukan dalam mencegah resiko serius dan hal ini demi keselamatan pekerja, termasuk memastikan bahwa seluruh bangunan berada pada posisi yang tepat untuk memberi peringatan ini. “Pihak kantor kejaksaan penuntut umum tidak dapat membiarkan hal-hal yang berkaitan dalam sebuah proses pembangunan masuk dalam kategori kepentingan ‘mendesak’ untuk Piala Dunia 2014,  karena segala sesuatu harus dipertimbangkan pada biaya kehidupan dan kesejahteraan karyawan yang melakukan pekerjaannya di seluruh aspek area stadion.” Pimpinan serikat konstruksi Cicero Custodio pada awal pekan mengatakan bahwa para pekerja seolah-olah ‘diperlakukan dengan semena-mena’ dan tidak mungkin bakal melakukan aksi mogok jika kondisinya tidak ada perkembangan yang baik.

“Tentu ini menjadi sesuatu hal yang jauh dari sebuah norma kehidupan dengan menaruh resiko lebih besar untuk mempekerjakan seseorang dengan pembagian tugas malam, karena kondisinya jauh lebih membahayakan dalam sebuah konstruksi yang harus mengejar tenggat waktu yang ditentukan,” ungkap Custodio. Bahkan menurut laporan BBC beberapa waktu lalu, pada kejadian yang lain seseorang pekerja juga tewas di sekitar Arena Amazonia karena menderita serangan jantung.