Persiapan Piala Dunia 2022 Telan Banyak Korban

Persiapan Piala Dunia 2022 Telan Banyak Korban

Persiapan Piala Dunia 2022 Telan Banyak Korban

Persiapan Piala Dunia 2022 Telan Banyak Korban – Piala Dunia merupakan ajang prestisius bagi negara manapun. Setiap negara yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia tentu akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan turnamen yang fantastis, menghibur jutaan pasang mata penonton. Dengan waktu yang masih panjang, Qatar sebagai negara yang ditunjuk sebagai penggelar Piala Dunia 2022 tengah mempersiapkan perhelatan akbar ini dengan mewah. Berbagai desain stadium yang terkesan futuristik telah dipersiapkan untuk memukau dunia penikmat sepakbola. Namun dibalik hal itu, terdapat fakta mengenaskan terkait para pekerja migran yang harus kehilangan nyawanya dalam pembuatan stadion. Lebih dari 500 orang migran dari India telah berusaha untuk mempersiapkan Qatar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Persiapan Piala Dunia 2022 Telan Banyak Korban – Statistik resmi yang dikoleksi di Timur Tengah oleh Kedutaan Besar India di Doha telah menunjukkan bahwa 237 orang meninggal di tahun 2012, 241 di tahun 2013, dan 24 orang juga kehilangan nyawanya sejak tahun 2014 ini, sebagaimana yang dilaporkan The Guardian. Dalam empat tahun, infrastruktur Qatar telah meningkat dengan baik untuk menggelar turnamen kelas dunia, namun dengan pengorbanan nyawa yang harus ditebus 974 orang apabila statistic di tahun 2010 dan 2011 diikutsertakan. Kedutaan Besar India di Doha tidak membeberkan secara detail mengapa terjadi kematian sebanyak itu, dan juga siapa-siapa saja yang meninggal tidak diberitahukan namanya. Namun, berdasarkan sebuah berita di koran bulan lalu, terdapat fakta bahwa 185 pekerja asal Nepal telah meninggal pula di Qatar, dengan penyebab kematian di dua per tiga kasus disebabkan oleh kegagalan jantung, ataupun kecelakaan di tempat kerja.

Persiapan Piala Dunia 2022 Telan Banyak Korban – Nicholas McGeehan, seorang peneliti teluk untuk Huma Rights Watch, telah mengatakan: ”Angka-angka ini yang menunjukkan kematian para pekerja India merupakan konfirmasi yang menyeramkan, bahwa tak hanya pekerja asal Nepal saja yang meregang nyawa di Qatar.” Kementerian Pekerjaan dan Permasalahan Sosial Qatar mengatakan: ”Dengan tujuan spesifik terkait angka-angka baru ini, kami semua waspada bahwa media sebelumnya telah memberitakan melalui headline jumlah kematian ini, dan kami sedang mengklarifikasinya. Jelas terlihat bahwa kematian seorang di Qatar atau dimanapun merupakan kematian dan penyesalan bagi semua – bagi sesama pekerja, keluarga yang ditinggalkan, namun juga para warga Qatar yang menyambut para pekerja migrant di negara kami untuk melakukan pekerjaan yang bernilai.

Persiapan Piala Dunia 2022 Telan Banyak Korban – Kami semua berusaha untuk mengetahui penyebab dari kematian-kematian ini – sebagaimana statistik yang juga menyimpulkan jangkauan keadaan termasuk diantaranya penyebab alam, dan juga insiden di jalan, termasuk juga di dalamnya sebagian kecil dari insiden di tempat kerja.” Pemerintah Qatar harus dengan sigap mengatasi hal ini, sebab apabila terus dibiarkan, hal ini akan memancing kritik dari negara lain serta menjadi perdebatan dalam isu Hak Asasi Manusia.