Regulasi Baru UEFA Tentang Kualifikasi Euro 2016

Regulasi Baru UEFA Tentang Kualifikasi Euro 2016

Regulasi Baru UEFA Tentang Kualifikasi Euro 2016

UEFA akhirnya telah melansir dan juga merilis beberapa regulasi atau peraturan baru yang difungsikan untuk babak kualifikasi Euro Cup 2016 nanti. UEFA mengatakan bahwa peserta kualifikasi akan bertambah hingga 53 negara konsestan dengan menambahkan 1 anggota baru di tubuh UEFA yang akan ikut ke dalam babak kualifikasi yaitu Gibraltar. Anggota baru ini akan masuk dan juga ikut memperebutkan sekitar 24 tiket yang sudah disediakan oleh UEFA untuk mengikuti babak putaran final Euro Cup yang akan digelar di Negara Prancis pada tahun 2016 nanti. UEFA menambahkan bahwa 53 negara atau tim tersebut nantinya akan dibagi ke dalam 9 grup. Dan di setiap grup tersebut nantinya akan terdiri dari 5 hingga 6 negara yang akan diundi berdasarkan dari nilai koefisien ranking UEFA.

Tentu saja babak kualifikasi ini akan dimulai pada pertengahan tahun ini hingga akhir tahun depan. UEFA memang dikabarkan sedang mengadakan revolusi untuk membuat ajang Kualifikasi Euro 2016 menjadi lebih menarik. UEFA yang juga merupakan Badan tertinggi sepakbola Eropa tersebut juga mengabarkan serta mengumumkan beberapa perubahan dimana salah satunya adalah mengenai jadwal kualifikasi yang akan diberi nama ‘Week of Football’. Konsep dari “Week of Football” ini akan membuat laga di babak kualifikasi Euro 2016 tersebut nantinya akan tersebar secara merata sejak hari Kamis hingga hari Selasa. UEFA dikabarkan sedang menggodok lebih lanjut mengenai rencana tersebut

UEFA berharap konsep baru yang bernama ‘Week of Football’ tersebut bisa memberikan kualitas yang menarik dan bermutu serta bisa meningkatkan jumlah penonton untuk menyaksikan laga secara langsung di stadion. Menurut rencana kick off yang digelar pada hari Sabtu dan juga Minggu akan berlangsung pada pukul 18:00 Waktu Eropa Tengah atau CET dan juga sekitar pukul 20:45 CET. Sedangkan laga yang digelar pada hari Kamis dan Jumat lalu Senin  dan juga Selasa, laga kick off akan dimulai pada pukul 20:45 CET.

Drawing atau pengundian babak kualifikasi Euro Cup 2016 tersebut dikabarkan akan berlangsung pada tanggal 23 Februari yang digelar di kota Nice, Prancis. Sedangkan kualifikasi sedniri menurut rencana akan segera dimulai pada bulan September 2014. Les Bleus yang menjadi tuan rumah di ajang Euro 2016 ini, akan menunggu sekitar 23 negara yang akan berlaga di babak putaran final yang akan dijadwalkan berlangsung pada tanggal 10 Juni hingga 10 Juli 2016 di Prancis. Tentunya UEFA menginginkan agar pergelaran Euro 2016 ini mampu mengundang animo masyarakat sepak bola untuk menyaksikan dan juga menonton ajang “Piala Dunia Mini” ini. Ditambah lagi UEFA ingin meningkatkan kualitas tontonan di dunia sepak bola.