Siapa Yang Akan Menjadi Juara Dunia

Siapa Yang Akan Menjadi Juara Dunia

Siapa Yang Akan Menjadi Juara Dunia

Drawing Piala Dunia 2014 di Brazil sudah dilaksanakan dan pengundian nasib para kontestan Piala Dunia. Brazil sebagai juara dunia tentu saja sudah mendapatkan tempat di grup A dan akan melakukan pertandingan pembukaan. Mereka juga berharap akan mendapatkan satu tempat di final hingga pada akhirnya menuntaskan ambisi mereka yang tertunda selama 64 tahun karena pada tahun 1950 ketika Piala Dunia keempat digelar di Brazil mereka harus merelakan gelar juara ke negara tetangga mereka, Uruguay. Brazil dengan kekuatan penuh siap bermain di hadapan publiknya sendiri. Mereka mempunyai amunisi yang mumpuni untuk menjadi juara dunia.

Selain Brazil, tentu saja ada beberapa negara-negara lain yang difavoritkan akan menjadi juara Piala Dunia. Pertama, tentu saja adalah juara bertahan Spanyol. Spanyol dalam lima tahun terakhir ini mendominasi persepak bolaan dunia sebelum akhirnya harus tunduk dari Brazil di Final Piala Konfederasi pertengahan tahun 2013 ini. Sebelumnya Spanyol, menyabet gelar juara Piala Eropa tahun 2008 lalu Piala Konfederasi tahun 2009 kemudian Piala Dunia tahun 2010 serta kembali mempertahankan Piala Eropa tahun 2012. Spanyol begitu digdaya berkat para pemain dari dua klub yakni Real Madrid dan Barcelona. Rivalitas kedua klub tersebut di Liga Spanyol berdampak positif dengan tim nasional Spanyol yang kemudian menjadi tim tangguh. Spanyol tidak lagi menjadi tim yang hanya jago di kualifikasi tetapi pada akhirnya harus melempem di kompetisi sebenarnya.

Kedua, ada tim nasional Jerman yang entah mengapa selalu sial dalam kompetisi besar. Terhitung sejak Piala Dunia 2006 mereka selalu minimal mencapai semi final dan menunjukkan performa luar biasa sejak kualifikasi lalu berlanjut penyisihan grup hingga sampai perempat final pasukan Panser selalu menampilkan penampilan yang menakjubkan. Mereka mampu membantai tim-tim besar negara lain ketika Penyisihan Grup, Perdelapan Final, Perempat Final, tetapi ketika Semi Final atau Final, tiba-tiba Der Panzer seolah kehabisan tenaga. Kini mereka mengejar asa kembali untuk menjadi juara setelah dua klub terbesar mereka menguasai final Liga Champions Eropa.

Lalu ada beberapa tim-tim lain yang bisa saja tampil mengejutkan walau dalam kualifikasi tidak terlalu menampilkan kesan seperti juara dunia tiga kali Italia, lalu ada Inggris yang walau tidak ditempatkan sebagai unggulan masih mempunyai para pemain bintang yang mumpuni untuk menjadi juara dunia. Belum lagi tim-tim macam Belanda dan Uruguay yang mencoba menjadi Juara Dunia secara tiba-tiba. Jangan lupakan pula Prancis yang disebut-sebut akan mewariskan semangat Piala Dunia 1998. Piala Dunia memang tinggal hitungan bulan. Semua tim terus berbenah untuk menjadi yang terbaik. Pengundian tempat di Piala Dunia akan dilakukan nanti malam. Sementara kita, rakyat Indonesia sekali lagi hanya bisa menjadi penontonnya.