Stadion Belo Horizonte Siap Digunakan Untuk Piala Dunia

Stadion Belo Horizonte Siap Digunakan Untuk Piala Dunia

Stadion Belo Horizonte Siap Digunakan Untuk Piala Dunia

Salah satu stadion Piala Dunia 2014 mendatang sudah bisa dipergunakan. Tempat yang dapat dipergunakan pada ajang empat tahunan itu adalah di daerah Belo Horizonte, yang rencananya bakal menggelar laga pembukaan bagi Inggris. Tentu saja ini merupakan salah satu perbandingan yang sangat kontras dengan apa yang terjai di Sao Paulo, yang sepertinya masih belum rampung sepenuhnya setelah di beberapa sektor stadion mengalami runtuh dan sempat menelan korban jiwa. Menurut salah satu pilot helikopter yang mengantar kru media beberapa lalu bahkan memberi prediksi. “Kami akan melihat pertandingan antara Brasil melawan Inggris – dan tentu saja Brasil memenangkan laga tersebut,” tawa sang pilot.

Lebih dari 12,000 pihak kepolisian militer akan berpatroli di sepanjang Belo Horizonte selama perhelatan Piala Dunia 2014 berlangsung dan banyak perwira yang menjalani pelatihan tambahan guna meyakinkan sisi keamanan dan keselamatan dari pendukung. “Pelatihan kami semakin intensif dari hari ke hari,” ungkap Letnan Kolonel Alberto Luiz, seperti dilansir Sky News. “Kami ingin semua suporter berada dalam kondisi yang aman dan kami akan menyambut kehadiran Inggris di kota ini. “Mungkin kami akan menemui sejumlah aksi demonstran, namun kami akan menanggapi hal ini dengan segala sesuatunya dan sekaligus memastikan bahwa mereka berada dalam kondisi keamanan dan keselamatan yang jauh lebih baik dan kembalinya dari negara ini membawa suatu pengalaman yang menyenangkan.”

Belo Horizonte merupakan salah satu kota di Brasil, yang terkenal atau memilki tingkat intensitas keributan cukup besar baik di jalan-jalan protokol, termasuk kelompok anti-pemerintah selama ajang Piala Konfederasi lalu pada Juni tahun ini. Pejabat Balai Kota telah memprediksikan bahwa aksi serupa akan terjadi saat perhelatan Piala Dunia 2014 mendatang. “Saya pikir para demonstran akan mengulangi hal serupa pada Piala Dunia nanti,” tutur Camillo Fraga, sekretaris dewan kota untuk Belo Horizonte. “Salah satu alasan utama yang terjadi pada tahun depan adalah pemilihan suara di Brasil. Namun saya pikir kami sudah belajar lebih baik cara mengendalikan situasi ini dan bagaimana menanggulangi aksi kekerasan dengan cara yang lebih persuasif. Apakah fans Inggris wajib khawatir? Saya pikir tidak.”

Pihak pengurus Asosiasi Sepakbola selalu rutin mengunjungi Belo Horizonte setelah hasil undian Piala Dunia, sebagai bagian dari inspeksi perjalanan ke setiap tempat yang akan menjadi tempat pertandingan bagi tim nasional Inggris. Tim operasi FA akan kembali ke Inggris dan akan memberi laporan kepada pelatih Roy Hodgson dan juga staf kepelatihannya. Gubernur Belo Horizonte ingin meyakinkan kepada seluruh pendukung Inggris, yang konon begitu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan di Brasil yang kurang baik. “Kini kedamaian menyelimuti Belo Horizonte,” ungkap Antonio Anastasia. “Tentu sangat menyenangkan bisa dikenal sebagai salah satu tempat yang teraman di Brasil. Fans Inggris akan tiba di sini dalam keadaan nyaman dan aman selama berada di ibukota.”