Tahun 2018 UEFA Luncurkan Kompetisi Baru

Tahun 2018 UEFA Luncurkan Kompetisi Baru

Tahun 2018 UEFA Luncurkan Kompetisi Baru

Tahun 2018 UEFA Luncurkan Kompetisi Baru – Pada tahun 2018 para pecinta sepakbola akan mulai bisa menikmati hadirnya sebuah kompetisi baru antara negara-negara di benua Eropa. Kompetisi tersebut bernama UEFA Nations League. Kepastian digelarnya kompetisi baru antar negara-negara penghuni Benua Biru tersebut didapat setelah total 54 negara yang menjadi anggota UEFA memberikan persetujuan mereka saat dilakukan Kongres Biasa ke 38 hari Kamis (27/3) kemarin. Hadirnya kompetisi baru ini akan berimbas kepada jadwal kompetisi di UEFA yang sudah ada. Selain itu kompetisi UEFA Nations League ini juga menurut rencana akan menjadi satu dengan kualifikasi Euro edisi 2020. Setelah dipastikan akan digelar, kini UEFA masih merencanakan untuk menyusun fromat resmi yang akan digunakan untuk menggelar kompetisi.

Tahun 2018 UEFA Luncurkan Kompetisi Baru – Tapi meski belum menemukan format resmi, pihak UEFA sudah memiliki gambaran terkait jalannya kompetisi yang akan berlangsung pada bulan September sampai November tahun 2018 tersebut. UEFA Nations League adalah sebuah kompetisi yang melibatkan 54 negara anggota federasi sepakbola Eropa atau UEFA yang memiliki format promosi dan degradasi. Ke 54 negaratersebut nantinya akan dibagi ke dalam empat grup. Pembagian negara yang akan disebar keempat grup tersebut akan berdasarkan ranking koefisien. Keempat grup tersebut nantinya akan kembali dipecah menjadi beberapa grup-grup dengan jumlah negara lebih kecil lagi. Karena kompetisi UEFA Nations League hanya akan digelar pada bulan September hingga November maka setiap negara hanya akan melakoni empat sampai lima laga saja.

Tahun 2018 UEFA Luncurkan Kompetisi Baru – Jika sebuah negara mampu meraih poin tertinggi dan tampil apik sepanjang babak awal maka negara tersebut memiliki kans untuk promosi ke grup yang lebih tinggi atau meraih tiket lolos ke Piala Eropa 2020. Komite Kompetisi Tim Nasional UEFA yakni Wolfgang Niersbach menilai jika keputusan untuk memutar kompetisi UEFA Nations League merupakan sebuah keputusan yang bijak. Niersbach sendiri memberikan penghormatan kepada semua anggota federasi UEFA yang sudah memberikan persetujuan untuk menggelar kompetisi baru ini. Bagi tim nasional di Eropa, menurut Niersbach, mendukung dan ikut dalam kompetisi ini adalah sebuah lompatan yang besar. Setelah mendapat dukungan dari para negara anggota federasi UEFA, maka kini Niersbach berharap para fans juga mendukung lahirnya kompetisi baru ini. Bagi UEFA sendiri, keputusan untuk menghadirkan sebuah kompetisi baru ini terbilang cukup revolusioner.

Tahun 2018 UEFA Luncurkan Kompetisi Baru – Sebelumnya, presiden UEFA Michel Platini sudah memberikan keputusan jika aka nada perbedaan dalam hal lokasi laga untuk perhelatan Piala Euro 2020 mendatang. Untuk memperingati 60 tahun kompetisi sepakbola Euro maka pada putaran final nanti semua laga akan digelar di berbagai kota dari beberapa negara berbeda. UEFA sendiri merupakan federasi sepakbola yang paling berhasil mengelola jalannya kompetisi dibanding dengan federasi lain di dunia. Tidak hanya di level negara, UEFA juga sukses membuat liga-liga di bawah mereka menjadi yang terbaik seperti Liga Inggris,Liga Spanyol, Liga Italia dan Liga Jerman. Belum lagi Champions League yang menjadi kompetisi paling akbar tidak hanya di Eropa tapi juga dunia.