Tentang Brazil dan Spanyol, Yang Tertinggal

Tentang Brazil dan Spanyol, Yang Tertinggal

Tentang Brazil dan Spanyol, Yang Tertinggal

Jadwal World Cup - Spanyol tetap menjaga status mereka sebagai tim nomor 1 dunia, tapi hanya setahun setelah mereka dipuji saat berhasil menghancurkan Italia di final Euro 2012, perjalanan mereka sudah menemui keraguan. Mereka mungkin memulai turnamen Piala Konfederasi beberapa minggu yang lalu dengan kemampuan dewa. Kemampuan dewa mereka membuat Uruguay kelimpungan dan Spanyol terlihat makin kuat saja. Dalam perjalanan waktu, Nigeria dan Italia mengeksplorasi kelemahan Spanyol sebelum Brazil meruntuhkan aura invincible dalam tim Spanyol. Beberapa pihak mengatakan kekalahan itu disebabkan oleh faktor fundamental seperti kecapekan, keletihan, serta kebosanan yang wajar dialami oleh beberapa pemain bintang sekalipun. Pasca hari Minggu yang lalu, awan keraguan mulai menyeruak di ranah Spanyol.

Tak ada asap tanpa api, akhir musim lalu klub-klub Jerman menunjukkan bagaimana mengatasi permainan Barcelona dan Real Madrid. Kedua klub teratas dalam sejarah sepakbola Spanyol terkena pressing ketat dan kalah dalam kualitas fisik. Persis seperti yang digunakan oleh Italia dan terutama Brazil yang memberikan hal serupa saat melawan Spanyol. La furia roja pernah mengalami kekalahan dengan skor telak sebelum final Piala Konfederasi minggu lalu, dikalahkan Argentia 4-1 dan dihancurkan Portugal 4-0, tapi dua pertandingan itu adalah pertandingan persahabatan setelah kemenangan di Piala Dunia. Dalam dua pertandingan itu juga tak terjadi kartu merah dan persepsi bahwa Spanyol bisa kebobolan lebih banyak gol lagi. Ketidaknyamanan Spanyol saat melawan Brazil dapat dilihat dari akurasi passing dan kegagalan fatal beberapa gaya teknik pada permainan mereka, seperti pula kegagalan mengkonversi penalti.

Terganggu di lini tengah daripada pertandingan-pertandingan sebelumnya, Spanyol juga kelihatan terlalu lemah di lini depan – dalam turnamen tersebut tak ada penyerang Spanyol yang tampil efektif seperti Fred, Mario Balotelli atau Edinson Cavani – dan di belakang selalu terjadi kepanikan saat terjadi set-piece dan serangan balik. Di sektor penjaga gawang, perselisihan dengan Jose Mourinho membuat Casillas jarang bermain hingga kemampuannya belum teruji dengan maksimal, sementara Alvaro Arbeloa, Sergio busquets, Gerard Pique, David Silva, dan Jesus Navas adalah pemain-pemain yang akan mencemaskan nasib mereka di tangan Del Bousque tahun depan. Saat turnamen di Brazil berlangsung sebenarnya Spanyol memiliki opsi untuk membawa beberapa pemain dan menjadikan mereka sebagai starter. Pemain seperti Diego Lopez, Cesar Azpilicueta, Xabi Alonso, dan Michu, serta deretan pemain muda yang tamp[il ganas di Euro U-21. Bila ada indikasi pergantian rezim di tubuh Spanyol maka yang terjadi adalah regenerasi pemain.

Brazil tampil penuh tenaga saat menghadapi Spanyol. Turnamen tersebut tak dapat berakhir lebih baik lagi bagi luiz Felipe Scolari, yang sudah mempersiapkan skuadnya lebih awal. Sejak kemenangan 3-0 melawan Prancis dalam pertandingan persahabatan tepat sebelum turnamen, tak ada seorangpun yang bisa meragukan pilihan pemainnya. Hulk menikmati permainan terbaiknya selama memakai kostum kuning kebanggaan Brazil, dia juga tak lagi dicemooh oleh supporter saat diganti. David Luiz,  Luis Gustavo, dan Paulinho tampil luar biasa dan Oscar menemukan performa lamanya kembali.

Scolari mengatakan pintu masih terbuka untuk pemain seperti Ronaldinho, Kaka, dan Fernandinho tapi pemain yang telah dia pilih untuk berlaga di Piala Konfederasi telah menampilkan standar permainan sesuai dengan harapannya. Tentu saja tahun depan Brazil menghadapi lebih banyak pesaing. Jerman pasti menjadi salah satu penantang utama, seperti Argentina, belanda, italia, Belgia, dan tentu saja Spanyol.negara lain berpotensi juga menjadi batu sandungan bagi kebangkitan Brazil di Piala Dunia tahun depan. yang jelas misi utama Brazil di bulan Juni sudah terpenuhi. Saatnya mereka menikmati sorakan kemenangan untuk beberapa bulan ke depan. setidaknya sebelum Piala Dunia dimulai.

Jadwal World Cup